Canggih, Sekarang Bayar & Cek Pajak Motor Via Internet

Teknologi sekarang kian pesat dan maju memungkinkan siapa saja untuk mengembangkan terobosan baru agar kehidupan menjadi lebih mudah dan praktis. Sistem kemudahan ini tentu saja di manfaatkan oleh pemerintah dalam hal cek pajak motor via internet.

Sekarang bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi dapat dengan mudah untuk cek pajak motor via internet. Anda bisa mencari data informasi cara cek pajak motor via internet melalui website, SMS, maupun Aplikasi.

Apa itu pajak Kendaraan Bermotor?

Pajak kendaraan bermotor atau di singkat dengan PKB merupakan pajak yang di kenakan pada pemilik kendaraan bermotor pribadi yang beroperasi di jalan darat. Sedangkan untuk besar nilainya pembayaran sendiri di tentukan oleh 2 faktor, yaitu di lihat dari potensi pencemaran, dan bobot kerusakan pada jalan, dan faktor nilai harga beli.

Melakukan pembayaran PKB bukan hanya semata-mata untuk kelancaran pembangunan. Tapi karena perpajakan merupakan omzet penghasilan pemerintah. Kelebihan dari pembayaran pajak itu sendiri, PKB memberikan keuntungan bagi si wajib pajak. Keuntungan tersebut akan terasa saat kita ingin mengajukan pinjaman uang pada BANK.

Cara cek pajak kendaraan bermotor Anda cukup melihat surat tanda nomor kendaraan (STNK) Anda yang di mana sudah mencantumkan besaran PKB dari kendaraan bermotor yang Anda punya. Jika Anda mempunyai lebih dari satu kendaraan bermotor, maka besaran pajak dari masing-masing kendaraan berbeda. Kenapa? Sebab ini terjadi karena pajak kendaraan bermotor progresif.

Syarat yang dibutuhkan pada saat cek pajak motor via internet:

Pajak yang harus di bayarkan untuk kepemilikan kendaraan bermotor memiliki 2 jenis pajak, yaitu pajak tahunan dan pajak lima tahunan

1.      Pajak Tahunan

Pajak tahunan ini merupakan pajak pengesahan STNK tahunan. Pajak ini bisa di urus melalui kantor Samsat wilayah Anda, atau cek pajak motor via internet. Tapi sayangnya fasilitas cek pajak motor via internet ini hanya dapat di akses di berbagai daerah saja, masih belum tersedia secara menyeluruh di Indonesia.

Baca Juga :  Cara Cepat dan Praktis Cek Pajak Motor Online Jawa Barat

Dokumen yang harus di bawa pada saat membayar pajak kendaraan bermotor ialah:

–          STNK Asli

–          KTP Asli

–          Sejumlah uang untuk pembayaran pajak

Nama yang tercantum di KTP Anda harus sama dengan nama yang tercantum di STNK dan BPKB

2.      Pajak Lima Tahunan

Pajak lima tahunan ini juga merupakan pajak pergantian STNK. Dan saat itu pula plat nomor kendaraan bermotor di ganti. Berbeda dengan cek pajak motor via internet tahunan yang bisa di bayarkan secara online, pajak lima tahunan ini hanya bisa di lakukan langsung di kantor Samsat. Karena nantinya akan ada pemeriksaan pada kendaraan bermotor itu sendiri yang di lakukan oleh petugas Samsat.

Hal yang harus ada bawa saat pembayaran pajak lima tahunan

–          STNK dan BPKB asli

–          KTP asli

–          Formulir cek fisik kendaraan yang bisa di beli di kantor Samsat

cek pajak motor via internet

Jika semua sudah siap Anda nanti akan di berikan informasi kapan bisa mengambil STNK baru dan plat nomor baru. Biasanya informasi ini akan di berikan tanggal pengambilan dan di tulis di bagian belakang STNK yang lama.  Cek pajak motor via internet, Anda bisa meminta alamat situs web Samsat di daerah Anda. Di situs Samsat itu sendiri Anda bisa mendapatkan informasi seperti jumlah pajak yang harus di bayarkan dan tanggal jatuh tempo pembayaran pajak Nah, sekarang sudah Anda sudah mengerti bagaimana tata cara melakukan cek pajak motor via internet. Semoga artikel ini bisa membantu Anda. Dan selamat mencoba

Blogging