Cara Cepat dan Praktis Cek Pajak Motor Online Jawa Barat

Sobat berada di JAWA BARAT? Yuk ketahui info cek pajak motor online Jawa Barat !

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara, yang banyak mengambil peran untuk kesejahteraan penduduk sebuah negara,termasuk Indonesia. Diantara deretan tanggungan pajak yang dibebankan dan hampir mayoritas orang memilikinya adalah pajak kendaraan bermotor, perkembangan zaman yang diiringi kemudahan memiliki bermacam fasilitas dengan mudah tak ayal membuat peningkatan yang signifikan pada jumlah kendaraan yang beroperasi setiap tahun, oleh karenanya tak heran jika kendaraan bermotor dikenai pajak yang wajib dibayarkan tepat waktunya dan akan dikenai denda jika mengalami keterlambatan.

Namun pada kenyataannya, karena alasan kesibukan,padatnya jadwal kita sering kali lupa untuk tepat waktu membayar pajak jenis ini, akibatnya kita harus rela menambah biaya pembayaran guna membayar sanksi denda keterlambatan. Nah agar hal itu tak sampai terjadi, kita bisa lebih mudah dengan mengeceknya, tidak hanya mengecek waktu jatuh temponya tapi juga jumlah pajak yang wajib dibayarkan. Saat ini kecanggihan teknologi membuatnya lebih ptaktis dan instan, termasuk cek pajak online Jawa Barat, yang tentunya menghemat waktu dan tenaga. Layananan SAMSAT online atau biasa dikenal dengan e-SAMSAT ini memang belum sepenuhnya diterapkan diseluruh bagian wilayah Indonesia, hanya beberapa provinsi yang telah menggunakan dan mengembangkan cara ini, provinsi Jawa Barat salah satu yang telah berhasil memberi kemudahan cek pajak online Jawa Barat.

Di e-SAMSAT kita bisa melakukan cek pajak motor online Jawa Barat, pembayaran pajak kendaraan bermotor,pengesahan STNK setiap tahun dan lain sebagainya. Cek pajak motor online Jawa Barat bisa dilakukan melalui layanan SMS, caranya sobat ketik pesan dengan format berikut :

Info [spasi] kode plat kendaraan wilayah provinsi Jawa Barat/nomor polisi kendaraan/ kode seri plat nomor kendaraan [spasi] warna plat kendaraan. Setelah selesai kirim pesan tersebut ke nomor layanan resmi BAPENDA yaitu 08112119211. Setelah SMS diterima, pihak petugas akan mengirim rincian biaya pajak beserta kode pembayaran.

Baca Juga :  Canggih, Sekarang Bayar & Cek Pajak Motor Via Internet

Jawa Barat termasuk provinsi yang inovatif dalam mengembangkan layanan yang diharapkan bisa lebih mempermudah para wajib zakat memenuhi kewajibannya diantaranya dengan meningkatkan pelayanan masyarakat untuk cek pajak motor online Jawa Barat dan bayar pajak motor online Jawa Barat,selain dengan cara SMS sekarang bagi sobat yang berada di Jawa Barat bisa mengunduh aplikasi seputar pajak online yang dibuat resmi oleh BAPENDA (badan pendapatan daerah), aplikasi yang resmi diluncurkan bulan april 2018 ini diberi nama SAMBARA ini sangat membantu sobat untuk cek pajak motor online Jawa Barat, caranya sobat download aplikasi SAMBARA di google play store, kemudian setelah terinstal, sobat bisa memilih menu info yang ingin sobat ketahui, dalam hal ini adalah mengecek pajak motor, nanti akan ada kolom yang perlu sobat isi untuk cek pajak online yang isinya mengenai data motor sobat.

Setelah mengetahui data biaya pajak yang wajib dibayarkan, dan mendapat kode pengiriman maka sobat bisa membayarnya melalui ATM ataupun layanan e- mobile Banking, dengan memilih layanan pembayaran pajak, jika sudah  , tukarkan struk pembayaran ke kantor SAMSAT setempat agar mendapat SKDP yang asli, karena struk hanya berlaku 14 hari jadi sobat jangan sampai lebih lama menukarnya sehingga melebihi masa berlakunya, perbedaan layanan aplikasi ini dengan online pajak secara umum adalah pembayaran harus dilakukan melalui nomor rekening yang sama dengan yang tercantum di STNK , tidak bisa bebas memakai nomor rekening yang lain.

cek pajak motor online jawa barat

Nah sobat sudah bisa dipraktekkan bukan cek pajak motor online Jawa Barat dan cara bayar pajak motor online Jawa Barat?

Mengurus beberapa hal seperti pembayaran pajak seringkali terbentur dengan jadwal,oleh karenanya husus sobat yang berada di wilayah Jawa Barat bisa menggunakan aplikasi pajak online ini, jelas menghindari antri dan lebih mengefektifkan waktu. Selamat mencoba!

Baca Juga :  Berapa Besar Denda Pajak Motor Telat?
Blogging