CARA MENGECEK AKI MOBIL ANDA DENGAN MUDAH

Apakah anda pernah mengalami mobil susah distarter? Tentu saja itu menjengkelkan dan sedikit membuat anda bingung apalagi jika anda sedang diburu oleh waktu. Terlebih lagi untuk anda yang tidak terlalu paham tentang mesin mobil.

Pada umumnya mobil yang susah distarter itu berhubungan dengan aki atau baterai mobil yang sudah lemah. Karena itulah Aki bisa dikatakan sebagai komponen yang termasuk penting bagi mobil. Maka dari itu jika mobil susah distarter anda bisa mencari tahu sebab dan masalahnya pada aki mobilnya. Ada beberapa cara mengecek aki mobil  untuk mengetahui penyebab mobil susah distarter yang bisa anda lakukan sendiri sebelum dibawa ke bengkel.

Berikut ini adalah cara mengecek aki mobil yang bisa anda lakukan sendiri ketika mobil susah distarter :

  1. Putar kunci kontak

Cara mengecek aki mobil apakah sudah lemah atau belum dengan cara memutar kunci kontak. Ketika anda sedang memutar kunci kotak hanya terdengar suara cetak-cetak atau justru tidak terdengar suara apapun itu bisa menjadi tanda bahwa aki mobil anda sudah lemah. Itulah cara mengecek aki mobil yang pertama yang bisa anda lakukan untuk mengetahui keadaan aki mobil sebelum dibawa ke bengkel.

  1. Tekan klakson mobil

Cara mengecek aki mobil yang kedua adalah dengan cara menekan klakson mobil. Tekan dan tahan klakson mobil kemudian putar kunci kontak kebagian starter mobil. Jika suara klakson mobil terdengar pelan atau sama sekali tidak terdengar suara apapun itu bisa menjadi tanda aki mobil anda lemah.

  1. Cek dasbor dan instrumen panel mobil

Yang ketiga untuk mengetahui cara mengecek aki mobil adalah dengan cara mengecek instrumen panel dan dasbor. Perhatikan instrumen panel dan dasbor sebelum memutar kunci kotaknya. Jika lampu-lampu indikator meredup atau justru malah mati ketika anda memutar kunci kontaknya itu bisa menjadi salah satu tanda aki mobil mati atau melemah. Jika aki mobil sudah melemah atau bahkan mati sebaiknya ganti untuk menghindari kerusakan pada dynamo starter itu sendiri. Sebab jika dynamo starter mati akan lebih banyak mengeluarkan biaya dikarenakan harga dynamo starter lebih mahal jika dibandingkan dengan akinya.

  1. Periksa pemasangan kabel di bagian terminal aki

cara mengecek aki mobil

Cara mengecek aki mobil yang terakhir adalah dengan memeriksa atau mengecek pemasangan kabel di bagian terminal akinya. Periksa pemasangan pada bagian tersebut untuk mengetahui apakah kendor atau kencang pemasangan kabelnya. Jika kendor bisa dikencangkan dan dibersihkan dengan cara sikat atau amplas menggunakan sikat kawat yang sedang. Tetapi jika dengan cara mengecek aki mobil itu tidak berhasil anda bisa mengecek volume air akinya jika mobil anda menggunakan aki basah. Anda bisa menambahkan air apabila telah melewati garis batas standar volume akinya. Tetapi jika kerusakan terletak pada usia aki, sebaiknya ganti dengan aki yang baru.

Baca Juga :  Harga Yamaha Nmax dan Spesifikasi

Untuk perawatan aki mobil atau ACCU anda harus rajin mengecek air aki minimal satu bulan sekali bagi mobil lama. Karena Aki akan cepat mati atau lemah jika air kurang. Tetapi perlu anda ingat, untuk menambah air accu jangan menggunakan air zuur tetapi gunakan air accu biasa. Karena air zuur ini khusus digunakan untuk pemberian air pada aki baru atau yang belum dipakai sama sekali. Satu hal lagi yang penting sekali anda perhatikan adalah jangan mengisi atau menambahkan air accu atau air aki ketika mobil masih dalam keadaan panas.

Nah, itulah tadi beberapa cara mengecek aki mobil. Mengetahui apakah aki mobil sudah mulai rusak atau tidak berfungsi normal merupakan pekerjaan gampang-gampang susah. Semoga artikel cara mengecek aki mobil ini dapat bermanfaat bagi anda.

auto